Setelah selesai membuat seluruh rekening buku besar yang ada, maka selanjutnya
kita akan membuat neraca saldo. Neraca saldo adalah kumpulan buku besar yang ada
yang telah dibuat pada langkah sebelumnya yang berisi saldo dari setiap rekening buku
besar.
Untuk membuat neraca saldo ikut langkah berikut ini:
a. Aktifkan Sheet baru
b. Ganti sheet baru yang telah diaktifkan dengan nama Neraca Saldo
c. Buat format lembar kerja seperti pada sheet Tabel dengan cara mengcopynya,lalu
tambahkan dengan kolom Debit dan Kredit.
15
d. Masukkan saldo yang ada pada setiap rekening buku besar ke dalam neraca saldo
sesuai dengan posisinya D/K.
Caranya letakkan pointer pada kolom Debit/Kredit neraca saldo yang akan diisi,
kemudian tekan = cari nilai neraca saldo akhir setiap rekening buku besar..
Gunakan fungus sum( ) untuk menjumlahkan nilai sisi debit/Kredit. Jika sudah selesai
hasilnya akan nampak seperti gambar berikut:
Tips ini adalah cara paling mudah dan cepat kalau Anda ingin
membuat laporan keuangan atau laporan akuntansi secara sederhana dengan Excel.
Bagi yang sudah terbiasa dengan Exceltentu akan lebih mudah memahaminya, bagi yang
belum terbiasa dengan Excel, juga tidak akan sulit memahaminya, ikuti aja apa
yang diuraikan di sini. Terlebih bagi yang memahami dasar-dasar akuntansi dan
ditunjang dengan pengetahuan Excel yang memadai akan sangat sempurna
pemahamannya.
Cara ini sebenarnya adalah jalan pintas bikin laporan keuangan
dengan memotong jalur dari prosedur sistem akuntansi. Kalau membuat laporan
keuangan sesuai dengan prosedur sistem akuntansi tentu sangat panjang,
sedangkan Anda ingin membutuhkan laporan keuangan yang cepat. Kalau menggunakan
prosedur sistem akuntansi, kita harus melakukan proses Jurnal > Buku
Besar > Neraca Lajur > Laporan Keuangan (Neraca & Laba
Rugi). Nah, melalui Excel dengan singkat kita potong jalur menjadi Jurnal
> Laporan Keuangan.
Namun, pada pokoknya kedua prosedur tersebut menghasilkan output
Laporan Keuangan yang sama. Nah kalau Anda ingin memperoleh hasil laporan
keuangan yang lebih cepat gunakan prosedur ini melalui Excel. Hal ini bukan
berarti membuat suatu teori baru, tapi hanya semata terkait dengan alat bantu
yang dapat mempercepat proses pembuatan laporan keuangan.
Nah bagaimana caranya, berikut beberapa langkah yang dapat Anda
lakukan, cukup 3 (tiga) langkah berikut :
Langkah 1 : MEMBUAT DAFTAR
AKUN
|
Buatlah daftar akun terlebih dulu sebagai sumber data untuk
mengidentifikasi jurnal-jurnal yang akan kita lakukan nantinya pada sebuah form
jurnal. Buatlah tabel DAFTAR AKUN pada sheet-1 dan isikan di dalamnya nomor
akun, nama akun dan saldo awal akun (saldo laporan keuangan Neraca sebelumnya).
Lengkapi pula kolom POS untuk tiap-tiap kelompok akun sebagai berikut :
- kelompok Aktiva : D (Debet)
- kelompok Hutang : K (Kredit)
- kelompok Ekuitas : K (Kredit)
- kelompok Harga Pokok : D (Debet)
- kelompok Pendapatan : K (Kredit)
- kelompok Biaya : D (Debet)
- kelompok Aktiva : D (Debet)
- kelompok Hutang : K (Kredit)
- kelompok Ekuitas : K (Kredit)
- kelompok Harga Pokok : D (Debet)
- kelompok Pendapatan : K (Kredit)
- kelompok Biaya : D (Debet)
Jumlahkan sisi Debet dan Kredit. Jumlah kedua sisi tersebut
harus dalam keadaan seimbang (balance) sesuai dengan laporan keuangan (Neraca)
sebelumnya.
Langkah2: MEMBUAT LAPORAN
|
Buatlah tabel laporan NERACA dan LABA RUGI pada
sheet-3, mirip seperti tabel Daftar Akun (lihat langkah 1) dan modifikasi
bagian-bagiannya. Buatlah rumus pada kolom DEBET danKREDIT sebagai
berikut.
- Rumus-1 kolom DEBET sel D5 :
=IF(AND(C5=”D”,D$2=”DEBET”),SUMIF(Sheet1!A:A,A5,Sheet1!D:D)
+SUMIF(Sheet2!C:C,A5,Sheet2!E:E)-SUMIF(Sheet2!D:D,A5,Sheet2!F:F),0) |
- Rumus-2 kolom KREDIT sel E5 :
=IF(AND(C5=”K”,E$2=”KREDIT”),SUMIF(Sheet1!A:A,A5,Sheet1!E:E)
+SUMIF(Sheet2!D:D,A5,Sheet2!F:F)-SUMIF(Sheet2!C:C,A5,Sheet2!E:E),0) |
Kemudian copy rumus tersebut ke baris di bawahnya sejajar dengan
baris akun (copy ke baris bertanda kotak merah).
Kemudian jumlahkan kolom DEBET / KREDIT Neraca
maupun Laba Rugi.
Selisihkan antara Jumlah DEBET dan KREDIT Laba Rugi sebagai Laba
Bersih, kemudian nilai Laba Bersih tersebut letakkan ke dalam Neraca sebagai
Pos Laba Bersih.
Nah hasilnya secara sempurna seperti gambar berikut.
Nah hasilnya secara sempurna seperti gambar berikut.
Untuk mempelajarinya lebih lanjut, silahkan download file contoh
(Excel) dan artikel di atas (PDF) melalui link berikut. Cara download : Klik
Kanan > pilih Save Link As atau Simpan
Tautan.
mana link nya bos ?
BalasHapuslink download ny mna buk ?
BalasHapusLink ya
BalasHapus